Info Kampus
Sosial Media

Awards
BERITA

Seminar dan Workshop Pendidikan Jarak Jauh dan Massive Open Online Course 2019

22 Juli 2019. Diposting oleh humas

Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bekerja sama dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Dirjen DIKTI-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan seminar dan workshop Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Massive Open Online Course (MOOC) 2019 Pada tanggal 16-18 Juli 2019 di Hotel Grand Keisha.

 

Agenda yang diikuti oleh pimpinan dan perwakilan dari puluhan perguruan tinggi se-Indonesia tersebut tersebut dibagi menjadi 3 hari. Di hari pertama, Tim Penyelenggara PJJ Amikom menyampaikan  tentang Regulasi, Implementasi, serta peluang dalam pengelolaan Program PJJ. Sedangkan di hari kedua dan ketiga, peserta akan mengikuti workshop Optimasi pembelajaran Online, baik dalam metode hybrid/blended learning).

 

Kasubdit Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Uwes Anis Chaeruman, menyambut baik inisiatif dari Aptikom untuk menjalankan satu dari tiga misi PJJ yang ada di Permen 51/2018 tentang PJJ. Yakni menyelenggarakan PJJ untuk lingkup mata kuliah.

 

“Bahasa sederhana adalah melaksanakan pendidikan tatap muka tapi sudah menerapkan pembelajaran elekronik. baik elerninng, online learning atau kombinasi ang bisa dijadikan sebagai wahana untuk kredit transfer,” terangnya.

 

Artinya mata kuliah itu bisa diikuti oleh beberapa mahasiswa dari PT lain yang terbung dalam Aptikom. Misalnya mata mata kuliah tertentu di Amikom, bukan hanya bisa diambil mahasiwa Amikon, namun juga bisa diikuti mahasiswa lain dalam kelompok Aptikom. Sehingga bisa memperoleh kredit dan mentransfer kredit ke PT lain.

 

“Jika ini bisa berjalan akan jadi model, untuk diikuti PT lain dalam kelompok rumpun prodi dalam bidang studi berbeda. Mugkin bisa diawali contoh yang baik dari rumpun perguruan tingi komputer karena lebih familiar dalam proses pembelajaran. Intinya seperti itu,” paparnya.

 

Ketua Badan Otonom Aptikom, Ahmad Tri Hanuranto menyampaikan bahwa PJJ ini sebagai langkah untuk berbagi keunggulan antar perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Jadi kata kuncinya memperluas jangkauan. Sebab tidak mungkin satu PT kapasitasnya mencapai ratusan ribu. Sehingga solusinya dengan jalan kolaborasi antara PJJ dan MOOC, tetapi kualitasnya tetap harus menjadi jaminan.

 

“Jadi kegiatan ini untuk mempersiapkan bagaimana menge-share dan kolaborasi. Jadi yang maju tidak hanya satu dua perguruan tinggi, namun diharapkan ini kerangkanya kebangsaan,” tambahnya.

 

Anggota Aptikom sendiri ada 900 PT dengan 4.000-5.000 dan untuk kualitas disparitasnya jauh, sehingga pendekatan sepertinya untuk bersama-sama berbagi share dan kolaborasi. Hanya saja tidak gampang membalik. Sehingga ini inisiasi untuk memeprbaiki kualitas dan kesenjangan pendidikan di Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut, 18 Perguruan Tinggi dari berbagai daerah di Indonesia, juga menandatangani MoU terkait dengan kerjasama pelaksanaan kegiatan PJJ dan MOOC APTIKOM. ke 18 Perguruan Tinggi tersebut adalah : STMIK Dharma Negara, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, STIE Dharma Negara Bandung, STMIK Yadika Bangil, Universitas Potensi Utama, STKIP Persada Khatulistiwa, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung, Universitas Darwan Ali, Universitas PGRI Madiun, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Politeknik Indonusa Surakarta, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, STMIK Tidore Mandiri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Flores, STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura dan Universitas Merdeka Malang.

 

Terkait dengan, Program S2 Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Konsorsium APTIKOM-AMIKOM, Saat ini APTIKOM  bekerja sama dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Dirjen Dikti-KEMENRISTEKDIKTI membuka kesempatan bagi para dosen rumpun Ilmu Informatika dan Komputer yang masih berlatar belakang S1 untuk mengikuti Program PJJ ini.

Informasi terkait dengan Program PJJ ini bisa diakses di http://pjjaptikom.id 
sedangkan Untuk pendaftaran Mahasiswa Baru Program PJJ bisa diakses di  http://pmb.amikom.ac.id/pendaftaran/pendaftaran#!/mti_pjj

-

Pers Release : http://bit.ly/amikomnews43

Created by : amikomcc

Bookmark and Share Download berita PDF


"));