Info Kampus
Sosial Media

Awards
BERITA

Kajian Orma UKM bersama HMIF & UKI Jashtis

20 Desember 2018. Diposting oleh humas

“Kajian Orma UKM bersama HMIF & UKI Jashtis”

Kamis, 6 Desember 2018 Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) & UKI Jashtis Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan kajian Orma dan UKM dengan mengangkat tema “Membangun Semangat Toleransi Dengan Aqidah Yang Baik” dengan mengundang pembicara Ustadz Denis, Lc.

Kajian ini dihadiri oleh beberapa perwakilan setiap Orma dan UKM dengan jumlah 61 peserta. Dari kajian tersebut disimpulkan bahwa, Aqidah Islamiyyah menurut bahasa dari kata ‘aqd’ yang berarti mempererat, mengkokohkan, mengingkat dengan kuat, kepercayaan atau keyakinan yang kuat. Aqidah adalah keyakinan yang kuat yang tidak dimasuki dengan keraguan, dengan itu Aqidah Islam adalah beriman kepada Allah Taala dengan melaksanakan kewajiban berupa tauhid dan taat kepada-Nya, malaikat-Nya, kitab-Nya, para rasul-Nya. Hari akhir, dan beriman kepada hari qada dan qadar. Iman tidak sebatas di hati saja, namun perlu ada pembenaran dalam lisan dan ada aplikasi sebagai tindakan yang nyata.

            Toleransi sudah dipaparkan dalam Al-Quran secara komprehensif, diantarannya bagaimana Tuhan menjelaskan dalam surat Al-Kafirun dari ayat 1-6. Asbabun-nuzulnya adalah tentang awal permintaan kaum Quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW bahwa untuk saling menghormati antar-agama, maka pemuka Quraisy meminta supaya nabi menginstruksikan kepada penganut muslim untuk bergiliran menyembah Tuhan Nabi Muhammad dan esok hari menyembah Tuhan kaum Quraisy.

            Begitu indahnya Islam mengajarkan untuk menghargai pendapat atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, serta tolong menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku/ras/agama kepercayaan. Semoga dengan adanya kajian ini dapat mempererat tali silaturahim yang baik antar Orma dan UKM di Universitas Amikom Yogyakarta.

 

Bookmark and Share Download berita PDF


"));