Info Kampus
Sosial Media

Awards
BERITA

Amikom Berdayakan Alumninya

09 Augustus 2007. Diposting oleh
Hubungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK Amikom) Yogyakarta dengan para alumninya tidak pernah putus. Bahkan keberadaan para alumni yang tersebar di berbagai daerah dimanfaatkan untuk membantu lulusannya mendapatkan pekerjaan.

“Di setiap daerah yang terdapat alumni Amikom kita bentuk paguyuban alumni. Setiap paguyuban punya data konkret jumlah dan keberadaan alumni, termasuk pekerjaan atau profesi yang ditekuni. Antarpaguyuban juga terdapat jaringan untuk saling berkomunikasi,” kata Drs Idris Purwanto MM (Puket I) STMIK Amikom kepada KR di kampus Jl Ring Road Utara, baru-baru ini.

Dengan adanya paguyuban di setiap daerah, lanjutnya, maka mahasiswa Amikom yang baru lulus ketika pulang bisa menghubungi paguyuban di daerahnya untuk mendapatkan pekerjaan. Pengurus paguyuban alumni juga selalu berkomunikasi dengan Amikom untuk mengabarkan perkembangannya.

Selain melalui jaringan alumni, kata Idris Purwanto, agar lulusan Amikom mendapatkan pekerjaan, pihaknya juga selalu mengirimkan buku wisuda yang berisi data wisudawan ke berbagai perusahaan besar dan dunia industri. Sedang data dalam buku tersebut cukup lengkap, antara lain menyangkut keahlian masing-masing, serta pengalaman kerjanya. Dengan dikirimnya data lulusan ke berbagai perusahaan, maka ketika perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja, tinggal mencari di buku tersebut sesuai dengan spesifikasi keahlian yang dibutuhkan. “Karena itu sering ada lulusan kaget, tidak melamar pekerjaan kok mendapat panggilan diterima bekerja,” tambahnya.

Di samping itu, lanjutnya, banyak juga mahasiswa Amikom yang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus, atau bahkan banyak juga yang menciptakan lapangan kerja sendiri. “Dari tahun ke tahun semakin banyak mahasiswa Amikom yang sudah bekerja sebelum lulus,” katanya sambil menunjukkan data-data mahasiswa dan lulusan Amikom. “Secara rutin kami juga menyelenggarakan career day sebagai wadah bertemunya mahasiswa dengan dunia usaha,” tambahnya. (Fie)-sumber: KR
Bookmark and Share Download berita PDF


"));