Info Kampus
Sosial Media

Awards
BERITA

3 Inovasi Universitas AMIKOM Yogyakarta mewakili Indonesia Dalam APICTA 2018

13 Oktober 2018. Diposting oleh humas

Universitas Amikom Yogyakarta mendapat Hadiah yang luar biasa di Dies Natalis Amikom yang ke 24. Tiga Inovasi karya Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta mewakili Indonesia dalam ajang Asia Pacific ICT Alliance Awards (APICTA Awards) 2018 yang diadakan pada tanggal 9 – 13 October 2018 di Guangzhou China. Tiga Inovasi tersebut adalah Fishgator (Kategori Agriculture), DTRON Smart Chair (Kategori Resource, Energy, & Utility dan Kategori Research & Development), dan Simbah Digital Farmer (Kategori Agriculture dan Kategori StartUp). Berikut ini adalah ketiga produk inovasi yang mewakili Amikom di ajang APICTA 2018:

1. Simbah Digital Farmer merupakan Inovasi yang dikembangkan oleh Mujiyanto dan tim untuk Membantu memecahkan masalah pertanian dengan Natural Language Processing(NLP) & Artificial Intelligence (AI). Petani cukup foto penyakit tanaman dan Aplikasi Simbah akan memberi diagnosis dan langkah langkah untuk mengobati penyakit tersebut. Petani juga bisa bertanya apapun, dan aplikasi simbah akan menjawab pertanyaan tersebut. Sehingga memudahkan petani, yang kebanyakan orang tua, untuk bertanya seputar pertanian. Aplikasi Simbah Digital Farmer sendiri bisa didownload di Google Play Store.

2. Fishgator merupakan platform berbasis IoT (Internet of Thing) untuk budidaya ikan berbasis Ai dan Sistem Manajemen Data. beberapa fitur yang memudahkan budidaya ikan dalam fishgator diantaranya adalah sistem pemberi makan otomatis (Automatic Feeder) pada ikan berbasis manajemen pakan untuk mengefisiensi jumlah pakan yang keluar. Fishgator juga menggunakan teknologi sistem sirkulasi circle bubble untuk menstabilkan kadar oksigen dalam air. Selain itu terdapat juga fitur monitoring dan treatment sistem untuk memantau kualitas air berbasis smartphone dan web.

3. DTRON Smart Chair merupakan kursi roda pintar untuk para difabel. Kursi roda ini bergerak sesuai yang diucapkan oleh pengguna smartchair. Kursi ini juga dilengkapi dengan fitur navigasi manual, tombol manual based on smartphone dan menggunakan suara. Baik DTRON Smart Chair maupun Fishgator dikembangkan oleh Yudhis Thiro Kabul Yunior.

Dalam APICTA 2018, Tim Universitas AMIKOM Yogyakarta akan diwakili oleh Agus Purwanto, Mochammad Yusa, Yudhis Thiro Kabul Yunior dan Laili Annas Sholikhan. Mereka akan bergabung dengan produk inovasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, untuk mewakili indonesia dalam ajang APICTA 2018. produk garapan inovator-inovator indonesia ini akan berkompetisi dengan produk ICT dari berbagai negara asia pacifik, seperti: Australia, China, Japan, Singapore, dll.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M., menyampaikan apresiasinya atas perjuangan inovator-inovator amikom ini, hingga bisa menembus tahap final di Guangzhou, China.

"Selamat berjuang. Karena teman-teman tidak hanya membawa nama Amikom saja, namun juga merah putih. Jaga kesehatan, jaga kekompakan antar tim, tetep semangat. semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik", ujarnya.

Created by : amikomjogja Creator Content
Pers Release dan Dokumentasi : bit.ly/rilisamikom97

Bookmark and Share Download berita PDF


"));